Inhalasi Hidrogen
Inhalasi Hidrogen (Detik)

Inhalasi Hidrogen Bahaya Atau Aman? Cek Faktanya Disini

INDOGROUND.ID – Inhalasi Hidrogen. Beberapa waktu lalu tersebar sebuah video yang berisikan ibu-ibu yang sedang mengobrol dan menghirup dari selang yang diklaim berisikan hidrogen.

Dalam video tersebut juga dijelaskan bahwa mereka bukanlah sedang sakit melainkan sedang inhalasi hidrogen.

Inhalasi hidrogen ini diklaim bisa menyembuhkan 170 penyakit, apakah klaim tersebut benar? Lalu apakah menghirup hidrogen ini aman atau malah sebaliknya?

Menurut dokter spesialis paru dari RSUP Persahabatan, dr. Budhi Antariksa menjelaskan menghirup hidrogen sebenarnya memang salah satu jenis terapi, namun kegiatan tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

dr. Budhi juga menambahkan bila tidak dilakukan dengan tepat, inhalasi hidrogen justru dapat memberikan efek samping yang berbahaya seperti yang dikutip Indoground.id dari kanal YouTube Dokter 24.

Beberapa klaim menyatakan bahwa menghirup hidrogen dapat mengatasi stres oksidasi akut, yang mana stres ini merupakan faktor utama yang memicu berbagai kondisi kronis seperti :

  1. Diabetes
  2. Radang sendi
  3. Kardiovaskular
  4. Penuaan dini
  5. Alzheimer
  6. Peningkatan resiko kanker

Tak hanya itu, terapi inhalasi hidrogen juga diklaim bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh.

Meskipun banyak klaim yang menyatakan menghirup hidrogen bermanfaat, tetapi bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut masih sangat minim.

Bahkan justru terdapat beberapa efek samping berbahaya akibat menghirup hidrogen seperti terlukanya paru dan mengarah ke berbagai penyakit, seperti :

  1. Efusi Pleura
  2. Pneumothorax
  3. Hematothorax
  4. Pneumonia
  5. Dan berbagai masalah penyakit paru lainnya.

Oleh sebab itu, jangan sembarangan mengikuti sebuah tren yang belum jelas uji klinisnya.

Lebih baik untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli dibidang tersebut sebelum mengikuti tren kesehatan.(***)